4G LTE Tehnologi Internet Penggusur 3.5 G

Perkembangan di dunia teknologi terasa sangat cepat, 2010 kemarin saja baru di luncurkan 3.5 G di Indonesia. Kini ada tehnologi generasi ke empat yang di sebut 4G LTE (long term evolution). Tehnologi standar nirkabel ini memiliki kecepatan akses internet yang super cepat.

Dengan tehnologi generasi terbaru ini kamu dapat mendownload file di internet dengan kecepatan lebih dari 100 Mbps - 300 Mbps dan meng upload file dengan kecepatan 80 Mbps . Hal ini sangat menajubkan bila dibanding dengan tehnologi 3.5G yang mendownlod dengan kecepatan tidak lebih dari 7.5 Mbps. Dengan kecepatan ini penggunanya dapat memonton video di internet tanpa bufering dan mendownload film terasa seperti mentransfer file dari flashdisk atau harddisk ke komputer. Di samping itu 4G LTE teidak hanya suport untuk komputer dan pc tablet namun juga sudah supot untuk ponsel pintar. 

Bicara soal sejarahnya format 4G LTE pertama kali di usung oleh perusahaan operator seluler bernama NTT COMOO dari negri Bunga Sakura. Dan tehnologi berkecepatan super ini pertama kali di luncurkan oleh perusahaan asal Stockholm dan Oslo bernama Telia sonera pada 14 desember 2009, dan resmi diluncurkan ke masyarakat pada awal tahun 2010. Kini tehnologi ini sudah di nikmati oleh masyarakat di negara seperti: Jepang, Korea Selatan, Honkong, Taiwan, Singapura, Negara kawasan Eropa, Amerika ,Canada dan beberapa negara lainnya.
Di negara kita 4G LTE hingga saat ini belum di pasarkan, mengingat penelitian pemerintah yang masih mensurvey kemunculan tehnologi ini. Sikap pemerintah ini dinilai tepat, karena ada beberapa alasan yang perlu untuk di pertimbangkan. Alasan tersebut antara lain:
1. Teknologi ini baru dipasarkan di tahun 2010, dan yang pasti biaya untuk membeli alatnya masih mahal.
2. Indonesia masih butuh waktu untuk mensurvey di berbagai negara yang menggunakan tehnologi 4G LTE.
3. Memberikan kesempatan 3.5 G, mengingat sampai saat ini belum digunakan secara optimal.
4. Pemerintah Indonesia masih mengalami kesulitan dalam hal mengalokasikan spektrum frekuensi untuk LTE.

Walaupun Pemerintah belum memperbolehkan hadirnya tehnologi 4G LTE ini, namun kesiapan perusahaan operator-operator swasta  yang bergerak di bidang jasa telekomuniksi telah siap meluncurkan tehnologi ini. Sebut saja Telkomsel yang telah mempersiapkan 4000-5000 Bts, di susul Axiata (XL) dan Indosat yang juga mengaku sudah siap untuk start. Operator seluler barua akan meluncurkan tehnologi 4G LTE setelah memperoleh izin dari pihak pemerintah. Para sobat Jempoler yang tinggal di Indonesia mungkin baru akan menikmati internet super cepat di akhir 2014 atau awal 2015.
Comments
0 Comments