Pages

ASUS Zenbook Prime UX31A

Asus pada tanggal 12 juli lalu telah meluncurkan produk barunya ke pasaran yang bernama ASUS Zenbook Prime UX31A. Produk Ultrabook ini bisa di bilang canggih dari segi performance dan kualitasnya. Laptop ASUS Zenbook Prime UX31A memiki banyak fitur yang lebih seperti desain yang ramping dan elegan, anti debu, praktis ,

berat yang sangat ringan, dapat bertahan di suhu extream dan masih banyak lagi yang lainnya.  Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat tabel spesifikasi ASUS Zenbook Prime UX31A dan juga penjelasannya:



Spesifikasi

                                                                                                                                                             
Produksi                                                Asus                                                  
Model / Tipe                                         Zenbook Prime UX31A-R4003V 
Harga  termasuk pajak                           £ 1.526 Atau Rp.18.500.000,00. 
Harga  bebas pajak                                £ 1.272 Atau Rp.15.000.000,00.
Ukuran  Body                                         327 x 226 x 21mm (WDH) 
Berat                                                      1,3 kg          
Ukuran Layar                                         13.3 inchi   
Resolusi Layar                                      1920 x 1080 
Prosesor                                                 Intel Core i7-3517U 
Jenis RAM                                             DDR 3 
Kapasitas RAM                                      4 GB
Kapasitas Hard Disk                              1000 GB 
Cipshet Motherboard                              Intel HM77 
Cipset Grafis                                          Intel HD Graphics 4000  
Kamera                                                  1.3 Mega Pixel           
Sistem Operasi Suport                           Windows 7 / Windows 8     
Port USB                                                3.0 
Wifi Suport                                            802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11 draft-n
Bluethoot                                                Yes
Keyboard                                                Backlit dan bisa menyala 
Mouse                                                     Keypad 
Pilihan Warna                                                     Hitam dan putih kesilferan   
                                                                                                                                                             
Desain Luar Hardware
Asus Zenbook Prime UX31A memiliki body yang elegan dan sangat cocok untuk bergaya dan di bawa ke kantor. Dengan warna hitam kesilferan dan putih kesilferan memang di desain untuk pria kantoran. Warna keyboard ada dua pilihan yaitu hitam dan putih. Bahan cassing ultrabook ini terbuat dari aluminium machined terlihat fleksibel namun kokoh. Aluminium machined memberi efek berkilau dan dapat membuat laptop  Zenbook Prime UX31A anti terhadap debu yang menempel.
 Zenbook Prime UX31A di beri layar LCD sebesar 13,3 inchi dengan resolusi layar sebesar 1920 x 1080 dan full HD. Semakin menarik dengan tipisnya body yang hanya berukuran 327 x 226 x 21mm (WDH). Key pad yang halus dan dapat di atur se sensitif mungkin, Keyboard yang datar atau biasa di sebut keyboard backlit yang sangat nyaman untuk mengetik dan lebih sulit kemasukan debu. Bukan hanya itu saja keyboard di laptop ini juga bisa nyala.  Zenbook Prime UX31A di lengkapi dengan kamera1.3 megapixel dengan posisi seperti laptop biasanya. 
Ultrabook dengan berat 1,3 kg ini hanya memiliki satu slot usb 3.0, satu slot SD card dan slot headset jack di samping kanannya. Untuk konektor RJ 45 dan konektor untuk kabel data di pasang terpisah menggunakan penyambung tersendiri. 
Betuk speaker juga tidak mau kalah unik dengan rampingnya laptop, bentuk seperti head sing sangat pas dan menarik, letaknya yang memanjang memenuhi bagian dari atas keyboard.



Fitur & Kinerja
Di berikannya pegangan prosesor Intel Core i7-3517U,  RAM DDR 3 sebesar 4 GB, motherboard dari Intel HM77, Graphics chipset dari Intel HD Graphics 4000, flash 128 GB, usb 3.0, IPS Teknologi, Harddisk 1000 GB dan masih banyak yang lain, membuat performa ultrabook   Zenbook Prime UX31A bisa di bilang di atas rata-rata.
Dengan Intel Core i7-3517U maka  ASUS Zenbook Prime UX31A memiliki clock speed sebesar 2.93 GHz. Pada saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan clock speed yang tinggi, processor ini akan secara otomatis meningkatkan clock speed hingga 2.40 GHz maksimum clock speednya. Dan ketika tidak dibutuhkan maka otomatis clock speed nya akan menurun di angka minimum clock speed yaitu 1.90 GHz.
Dengan RAM DDR 3 yang berkapasitas 4GB membuat loding internal data di laptop ini jadi makin cepat dan ringan. RAM DDR 3 4GB juga membuat penggunanya jarang menemui program not responding walaupun banyak membuka jendela aplikasi, dan dengan RAM ini pula membuat main game tanpa takut laptop blank.
Asus Zenbook Perdana UX31A dengan Intel HD Graphics 4000 semakin memberi kecerahan dan kebeningan resolusi layar yang jernih.
Usb 3.0 memiliki kecepatan hampir sepuluh kali lebih cepat dari usb sebelumnya 2.0 yang hanya berkecepatan mentok di 480 Mbit/detik, dengan usb 3.0 yang kecepatan maksimumnya mencapai 5 Gbit/detik akan memanjakan anda dalam mentransfer data atau jaringan dari luar laptop. 

In-Plane Switching Tecnology (IPS) adalah tehnologi yang membuat layar semakin cantik dan bening, bagi pekerja seniman laptop dengan tehnologi ini sangat di butuhkan, apalagi yang pekerjaannya suka mendesain bangunan atau pengeditan gambar. Kelebihan utama teknologi IPS adalah penggunaanya yang lebih umum dan lebih murah. Setiap warna merah, hijau, atau biru subpixel dapat menampilkan 8 bit "256 tingkat" dari kecerahan yang ada atau bahkan lebih, IPS teknologi juga memberikan tampilan warna yang lebih akurat tanpa menggunakan trik seperti melakukan dithering. IPS akan menampilkan total warrna yang ada secara lebih luas dan jelas. ASUS Zenbook Prime UX31A ternyata memiliki fitur 3D, namun masih dengan fps yang belum tinggi. 
ASUS Zenbook Prime UX31A dapat berjalan di berbagai software yang baru dan termutahir seperti di Unix, linux ,Mac dan pabrikan Microsoft seperti windows 7 dan bahkan windows 8 baik yang constumer maupun developer perview, dan sudah suport pada 64 bit dan 128 bit.
Harddisk ASUS Zenbook Prime UX31A yang berukuran 1000 GB cukuplah untuk menyimpan data-data penting kantor di laptop ini dan akan membuat anda tidak terlalu membutuhkan media penimpanan ekternal yang besar atau jasa cloud computing. 
Dengan desainnya yang tipis membuat Zenbook Prime UX31A lebih mudah mengeluarkan panas, namun tangan anda akan beresiko mengeluarkan keringat akibat dari panas dalam laptop yang keluar. Laptop ini akan secara otomatis mengeluarkan bunyi bising saat kepanasan dan akan berhenti saat suhu sudah normal kembali.
Soal Koneksifitas jaringan ASUS Zenbook Prime UX31A mendukung teknologi wifi dan bluethoot. Adapter yang menempelkan konektor RJ 45 ke slot USB memiliki kecepatan 1.000 Mbits / detik. ASUS Zenbook Prime UX31A mampu mendukung semua tipe jaringan wirelles yang telah ada seperti 802.11a, 802.11b, 802.11g , dan 802.11 draft-n.


Baterai
Dengan baterai osiginal ASUS Zenbook Prime UX31A memberi hasil yang cukup memuaskan. Dimana baterai dapat bertahan hingga 9 jam penggunaan normal tanpa memutar video dan musik. Namun pada saat di gunakan seperti layaknya orang untuk nonton video, browsing dan memutar musik laptop ini bisa bertahan hingga 5 jam 20 menit. Hal ini termasuk di atas rata-rata laptop normal yang hanya mencapai waktu 3 - 4 jam-an. Untuk penggunaan berat tanpa henti main game yang berbobot, baterai ASUS Zenbook Prime UX31A low di 1 jam 27 menit.

Harga
Bicara soal harga baru Asus membandrol dan melepaskan kepasaran Zenbook Prime UX31A dengan harga £ 1,272 atau jika di rupiahkan sekitar Rp.15.000.000,-an. Harga di atas belum di potong pajak PPN, kalau sudah termasuk bayar pajaknya bisa mencapai £ 1.526, atau sekitar Rp.19 jutaan.
Harga laptop ASUS Zenbook Prime UX31A memang terdengar fantastis, namun saya rasa anda tidak akan menyesal dengan segala sesuatu yang ada pada ultrabook ini.  Untuk harga bekas saya belum dapat menyampaikan hal tersebut, karena ASUS Zenbook Prime UX31A merupakan pruduk yang baru masih seumuran jagung hadir di pasaran, berkaitan juga barang bekas tergantung kulitas dan banyak hal lainnya yang menjadi faktor penentu harga.

Kesimpulan
Laptop ASUS Zenbook Prime UX31A di desain untuk pria kantoran atau pelajar dan mahasiswa pria. Harga dan fitur yang di tawarkan bisa dibilang seimbang. Dari harganya  ASUS Zenbook Prime UX31A di tujukan untuk kelas menengah ke atas.