Pages

P3K Terhadap Handphone Yang Terkena Air

Banyak suatu kejadian mengejutkan yang tidak dapat di tebak atau di pungkiri kejadiannya. Manusia tidak dapat merubah takdir  yang telah di tentukan oleh Tuhan pada waktu mendatang.
Seperti halnya telphone genggam anda, Anda tidak dapat menebak umur atau apa yang akan terjadi terhadap Handphone anda. Handphone terjatuh, terbakar, hilang, nyebur ke kolam, kita semua tidak tahu kan?. Makanya anda perlu selalu waspada dalam menjalani hidup.
Menyinggung soal handphone yang kemasukan air atau nyebur ke kolam saya mau berbagi ilmu mengenai apa yang harus kita lakukan jika hal buruk ini terjadi. Okey langsung saja ke caranya:

1. Non aktifkan Handphone
Pertolongan pertama yang wajib anda lakukan adalah dengan menekan tombol power untuk mematikan ponsel yang baru nyebur. Bukan membersihkan ponsel dari air dahulu namun menon aktifkan Handphone. Hal ini perlu anda lakukan untuk memperkecil kemungkinan terjadi arus pendek listrik pada komponen- komponen yang ada dalam handphone.

2. Bersihkan Air
Nah, setelah hp nya di matikan langkah selanjutnya adalah mengeluarkan baterai, sim card, memory card, atau apapun yang dapat di lepas. Lalu bersihkan air yang masih menempel di handphone. Bersihkan bagian yang dapat anda jangkau, akan lebih baik lagi jika anda bisa membongkar sampai ke bagian terdalam handphone. 

3. Masukan ke tong Beras
Ini adalah ke unikan yang lebih baik dari sinar matahari. Kenapa saya tidak menulis untuk menjemur handphone di bawah sinar matahari atau mendinginkannya dengan vacum cleaner atau kipas ?. Karena, beras merupakan bahan makanan yang sangat baik dalam menyerap air, kemudahan dalam menemukan bahan ini yang ada di setiap rumah juga menjadi faktor kenapa saya menyarankan beras. Beras juga tidak akan merusak perangkat yang ada di dalam hp seperti sinar matahari. Jika di tanya berapa lama ponsel anda perlu di penjara di kantong yang berisi beras, pesan saya makin lama makin baik. Simpan 24 jam atau lebih dari itu tidak akan menjadi masalah.

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang hal yang perlu di lakukan jika hp nyebur kena air. Sebenarnya akan lebih baik lagi jika anda memiliki alkohol pembersih di rumah, teteskan alkohol ke kain yang bersih dan oleskan ke perangkat ponsel, hal ini akan mempercepat proses penguapan air yang menempel. Semoga tips saya dapat membantu.