Apa Itu HDMI ?

Bagi Anda yang suka terhadap dunia komputer dan teknologi mungkin tidak asing lagi dengan kata USB, Bluethoot, kabel data dan yang lainya. Tapi, apakah anda tahu HDMI itu apa ?
Okey bagi anda yang belum tahu mungkin postingan kali ini akan memberi tahu apa itu port dan kabel HDMI dan fungsinya.
HDMI merupakan singkatan dari (High Defenition Multimedia Interface) di mana
HDMI menjadi standar antar muka interface yang di gunakan pada perangkat visual dan audio berdefinisi tinggi (HD) atau pun standar. Dengan HDMI anda dapat menghubungkan seluruh sumber audio atau video berbentuk digital seperti Blu-ray Disc Player, PC, Video game Console, monitor computer, dan telivisi digital dengan satu kabel.  HDMI mampu mendukung berbagai macam format dari mulai yang paling standar hingga yang berkualitas tinggi (HD video) pada komputer, televisi, atau perangkat lainnya yang telah memiliki port HDMI. Biasanya laptop, televisi atau DVD player keluaran saat ini telah mendukung teknologi HDMI, Anda dapat melihat bentuk port HDMI pada gambar di atas.
Dengan teknologi HDMI anda bisa menghubungkan komputer ke televisi, DVD player ke televisi, Handphone ke DVD atau perangkat lainya yang sama - sama telah mendukung teknologi ini. HDMI memiliki beberapa kelebihan yang tidak di miliki oleh kabel coaxial, composite video, S-video, componet video, kabel VGA dan yang lainya.

Kelebihan HDMI di antaranya:
- HDMI tidak melakukan kompresi sinyal karena bekerja secara digital, berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan sistem analog, sehingga kualitas video atau suara output yang di hasilkan akan lebih baik. Dengan antarmuka analog yang di gunakan pada teknologi sebelumnya, sumber digital harus diterjemahkan terlebih dahulu ke analog, dikirim ke televisi, kemudian diubah kembali menjadi sinyal digital untuk ditampilkan di layar. Hal inilah yang membuat sinyal digital semakin kehilangan kualitasnya sehingga membuat kualitas output video dan suaranya berkurang.
- HDMI memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dari perangkat lainnya. Dengan teknologi HDMI anda bisa mentransfer data hingga 5 GB/ detik. Sehingga kualitas file yang di hasilkan akan lebih baik.
- Kabel tunggal, Sebenarnya terdapat 19 kabel yang terbungkus pada sebuah kabel tunggal. Dalam pengunaanya HDMI terasa lebih praktis.

HDMI ternyata juga memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah tipe micro, mini dan ful size HDMI. pada tipe micro bisanya di gunakan pada smartphone, tipe mini pada pc tablet atau gatget dan tipe full size pada PC, laptop, DVD Player, televisi dan yang lainnya.

Bicara tentang sejarah, HDMI pertama kali di perkenalkan ke masyarakat luas pada pertengahan Desember 2002 dan di produksi pada tahun 2003. HDMI ternyata memiliki beberapa versi, versi pertama adalah HDMI 1.0, di mana pada HDMI 1.0 mendukung maximum pixel clock rate sebesar 165 Mhz (4.95 Gb/s bandwith),  maximum pixel clock rate sebesar  itu HDMI 1.0 bisa menampilkan tampilan HDTV di resolusi 1080p dan  resolusi WUXGA 1920x1200 pada frekuensi 50-60HZ refresh rate.
Pada versi HDMI 1.1 selain kemampuan yang teah dimiliki HDMI 1.0, HDMI 1.1 telah ditambahkan fitur yang mendukung DVD audio
Pada versi HDMI 1.2 ditambahkan fitur yang mendukung Super Asudio CD.
Sedangkan, pada HDMI 1.3 telah di lengkapi dengan fitu yang lebih canggih. HDMI 1.3 memiliki pixel clock rate hingga 340 Mhz 910.2 Gb/detik) yang mampu menampilkan resolusi yang jauh lebih tinggi seperti WQXGA dengan resolusi maksimal 2560 x 1600. hebatnya, tetap menggunakan single digital link.
Pada versi HDMI 1.3 sudah mendukung Deep Color dan xvYCC color space. Fitur Deep color maksudnya adalah metode yang menggunakan shades, hues, luminosity dengan jumlah yang sangat banyak untuk meningkatkan jumlah color yang bisa ditampilkan, yaitu dari yang tadinya berukuran juta menjadi milyar. Fitur xvYCC color space dikenal juga dengan sebutan x.v.color yang menandakan bahwa full range color 0-256 pada 8-bit space sudah dimiliki, tidak lagi menggunakan RGB color yang memiliki full range color 16-235 pada 8-bit space yang merupakan limitasi untuk monitor analog.
Dan sebentar lagi HDMI kita juga akan melihat versi terbaru yaitu HDMI 1.4, lalu apakah yang akan di tambah dan di perbaiki lagi di versi 4.0 ? kita tunggu saja.


Comments
0 Comments