Memilih Card Reader Yang Bagus

Card reader adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mentansfer atau memindahkan data dari kartu memori tertentu ke komputer atau perangkat sejenisnya. Bagi Anda yang hendak membeli card reader baik baru maupun bekas ada baiknya menyimak beberapa saran dan tips dari saya yang telah saya rangkum dari berbagai sumber di intenet, agar anda tidak menyesal setelah membeli dan tidak berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.



1. Cek Barang Dan Kemasan
Hal yang pertama orang suka adalah kerika melihat warna dan benuk yang menarik dari barang tersebut. Maka janganlah sampai anda terhipnotis dengan bentuk an warnanya yang menarik. Ceklah dengan teliti kemasan dan bagian-bagian dari card reader apakah ada yang cacat atau tidak.

2. Ukuran Slot Kartu
Pilihan utama sebelum membeli card reader adalah melihat apakah ada slot memori yang sama dengan kartu memori yang hendak Anda gunakan. Jika ingin lebih hemat, belilah card reader yang hanya memiliki sebuah lubang slot yang pas dengan kartu memori yang di gunakan. Tapi saya rasa hanya ada beberapa toko di Indonesia yang menjual card reader seperti yang saya maksud tadi  :D

3. Pilih Card Reader Yang Multi Guna
Sudah ada banyak produk memory card yang mampu membaca banyak jenis memori pada satu slot. Ada yang bisa membaca satu slot dalam dua jenis kartu, Micro SDHC, dan Micro-SD. Ada juga satu slot yang mampu membaca data dari kartu SD, SDHC, Mini-SD, Mini-SDHC, MMC, dan lain-lain. Fitur card reader seperti ini tentu membuat pekerjaan memindahkan data menjadi lebih mudah dan cepat. Sebenarnya ada tiga jenis card reader antara lain: single card 1x SD, multi card misalnya 7 in 1 dan series card misalnya 4x SD.

4. Kecepatan Transfer Data
Dalam kemasan card reader biasanya tertera kecepatan transfer data. Untuk model card reader terbaru sudah bisa mentransfer data dengan kecepatan 1000 MBps. Dan juga pilihlah card reader yang sudah menggunakan teknologi USB 3.0 karena bisa sepuluh kali lebih cepat mentansfer data ketimbang USB versi sebelumnya USB 2.0

5. Kapasitas Data
Pilihlah kapasitas card reader yang dapat membaca memori kita dan ukurannya harus lebih besar. Pengalaman saya, ketika ingin lakukan pemindahan data menggunakan card reader ternyata tidak bisa dilakukan, hal itu karena kapasitas simpan kartu memori saya adalah 4 Gb sementara card reader yang saya gunakan hanya mampu menerima kartu memori SD maksimal sampai 2 Gb.

6. Cek Card reader
Anda mungkin tidak tahu dengan apa yang akan terjadi sesampainya kita di rumah. Maka ada baiknya Anda membawa kartu memori yang anda gunakan ke toko pembelian Card reader agar Anda bisa mengecek kualitas card reader yang akan Anda beli.

7. Garansi
Mintalah garansi ke pada pihak toko terkait agar anda bisa mempunyai hak mendapatkan uang kembali jika barang rusak atau sebuah produk gagal.

"Semoga Bermanfaat"

Comments
2 Comments