Tips Merawat Kartu Memori Handphone Agar Tetap Awet

Kartu memory adalah perangkat tambahan yang  bisa di bilang cukup penting, di mana bentuknya yang mungil nan kecil berfungsi sebagai kantong data untuk menyimpan file yang cukup besar. Untuk menjaga kartu memori handphone anda agar umurnya lebih panjang dan tidak bikin repot, ada baiknya anda mendengarkan saran saya yang telah saya rangkum dari beberapa sumber ternama.




1. Matikan Handphone
Tindakan ceroboh yang terkadang masih dilakukan oleh beberapa orang adalah mencabut kartu memory tanpa menon aktifkan perangkat selluler yang sedang digunakan. Tindakan ini mungkin masih sering dilakukan walaupun sudah jelas akan akibat fatal yang membahayakan keselamatan kartu memori handphone anda. Mungkin ada beberapa produk ponsel terbaru yang menggunakan teknologi yang dapat merekjet memori saat dicabut secara otomatis, sekarang pertanyaanya adalah "Apakah ponsel yang anda miliki sudah menggunakan teknologi seperti itu ?"

2. Gunakan Card Reader
Hal ini mungkin akan lebih baik jika anda ingin memindahkan data ke komputer atau perangkat lain, ketimbang dengan kabel Usb. Walaupun keberadaan kabel Usb lebih memanjakan kita agar tidak ribet-ribet bongkar HP yang mungkin hanya untuk mentransfer sebuah gambar, namun demi keamanan kartu memori dan handphone anda akan lebih aman jika menggunakan card reader karena file akan tertansfer langsung ke komputer. Hal ini juga dapat memilimalisir masuknya virus berbahaya yang tak terduga dari komputer ke handphone kesayangan Anda.Alangkah lebih baik lagi jika anda membeli card reader dengan kecepatan yang mumpuni. Anda bisa melihat Tips membeli card reader yang bagus Di Sini.

3. Jangan Edit Langsung
Pindahkan data terlebih dahulu ke harddisk komputer yang sedang digunakan sebelum anda melakukan pengeditan data yang dapat berupa foto atau tugas membuat sekripsi dengan microsoft word. Hal ini akan lebih menjaga performa memori card anda karena tidak di jadikan media utama penyimpanan file editan sementara. Nah, kalau sudah menyelesaikan file yang telah di edit baru deh di masukan dan di simpan kembali ke kartu memori.

4. Kapasitas Penuh
Mungkin ada banyak data menarik yang ingin anda koleksi ke kartu memori. Akan lebih baik jika Anda tidak memenuhi kapasitas file diambang penuhnya data. Maksimal anda memenuhi 80% dari space yang ada dan biarkan 20% space kosong. Hal ini akan membuat handphone anda tidak lola akibat membaca file diseluruh isi memori.

5. Format Kartu
Lakukan penghapusan file keseluruhan secara teratur tiap 6 bulan sekali, hal ini akan menyegarkan kembali memeori setelah ditindihi sampah data yang anda masukan. Tetapi jangan lupa menyimpan data yang sebelumya akan di format ke media lain yah.

6. Kartu Memori Tercebur
Jangan terlalu panik atau takut jika Memory Card anda terkena atau bahkan tercebur di air, anda cukup mengeringkannya dengan cara di angin-anginkan, bukan di bawah sinar matahari langsung yah. Setelah dirasa kering, coba pasang dan apakah memori anda masih berfungsi, jika tidak anda bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan bagian tembaga pada memori, dan jika masih belum berhasil gunakan multi meter untuk memmuka daya listrik yang mungkin telah mati akibat terkena air.
Demikian tips yang dapat saya bagikan, Semoga bermanfaat.
Comments
1 Comments