Lima Hal Sedehana Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Menggunakan FlashDisk Agar Tetap Awet

Media penyimpanan data yang fleksibel, ringan, murah dan mudah saat ini telah menjadi kebutuhan banyak orang. Flashdisk adalah media penyimpanan yang di maksud. Banyak hal dan pekerjaan yang membutuhkan perangkat ini, mulai dari pekerja kantoran, mahasiswa dan masyarkakat umum.
Bagi anda yang mempunyai dan membutuhkan keberlangsungan dari perangkat penimpan data ini dalam pekerjaan atau sekedar untuk media pemindah file musik atau video dari komputer ke perangkat yang lainnya, mungkin perlu membaca postingan saya kali ini. Saya mempunyai beberapa tips sederhana yang perlu anda perhatikan agar data dan flash disk tetap aman dan awet. Okey langsung saja ke TKP:

1. Jangan edit file secara langsung di fashdisk
Hal ini merupakan hal yang membahayakan keselamatan flashdisk yang banyak belum di ketahui pengguna flashdisk. Mengedit file yang terkandung di dalam flashdisk akan membuat kinerja perangkat flashdisk menjadi meningkat, cepat panas dan membuat memory yang ada di dalamnya harus selalu up date terhadap proses pengeditan, hal inilah yang menyebabkan umur flashdisk menjadi pendek dan akan lebih beresiko mengalami kerusakan. Untuk itu saya sarankan anda memindahkan data di flashdisk terlebih dahulu ke harddisk dan baru melakukan pengeditan, setelah selesai mengedit lalu simpan kembali ke flash disk.

2. Jauhkan flashdisk dari benda yang mengandung medan maget tinggi
Media penyimpanan seperti falshdisk sangat rentan terhadap benda yang bermedan magnet tinggi, jika anda mendekatkan flashdisk di benda bermedan magnet tinggi bisa menebabkan file atau data yang ada bisa hilang secara permamen dari flashdisk, jika tidak percaya coba saja, tetapi jangan salahkan saya jika data yang ada pada hilang.

3. Scan flashdisk
Lakukanlah scan flashdisk anda di komputer yang akan anda gunakan sebelumnya, dan setelah menggunakan flashdisk sempatkanlah melakukan scan virus di flashdish. Hal tersebut akan menjadikan flashdisk tetap sehat dari segi nyawanya.

4. Defrag flashdisk
Anda perlu melakukan defragment terhadap flashdisk yang anda gunakan, lakukanlah defragmant flash disk secara rutin untuk menjaga kebugaran dan kerapian isi data di flash disk.
Cara melakukan defragment Flashdisk:
- Masukan flashdisk ke port Usb di komputer.
- Tunggu beberapa saat sampai terbaca oleh komputer
- Masuk ke my komputer
- Arahkan ke nama flashdisk yang akan di defragment
- Klik kanan Properties, lalu muncul jendela properties
- Pilih tab TOOL
- Lalu klik Optimaze, tunggu sampai proses selesai.

5. Eject flashdisk
Lalukan hal ini setelah anda selarsai menggunakan flashdisk, langkah meng eject dilakukan agar data yang masih trhubung ke komputer dapat di putus dengan benar dan tidak ada yang tertinggal, jika di antara anda tidak pernah melakukan hal ini saat selasai menggunakan falshdisk, janganlah berharap flashdisk yang anda gunakan akan awet.


Comments
0 Comments