Tips Membeli Handphone Bekas Yang Masih Berkualitas Bagus

Perkembangan teknologi memang tidak bisa di batasi. Handphone adalah sebuah alat telekomunikasi yang kini sudah menjamur di masyarakat. Produk handphone kini pun beraneka macam, mulai dari yang hanya bisa buat nelphone kini sudah bisa buat mengirim surat pendek, bermain game, menonton televisi bahkan buat browsing di internet.
Mungkin bagi yang punya banyak duit membeli handphone terbaru, paling canggih, dan berharga mahal adalah hal yang mudah, tetapi bagi yang memiliki kantong pas-pasan membeli HP yang mahal dan paling mutahir rasanya sulit. Solusi yang bisa di andalkan adalah dengan membeli ponsel bekas dengan harga murah dan berkualitas bagus. Namun terkadang membeli ponsel bekas sangat beresiko terhadap kualitas yang mengecewakan. Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa tips dalam membeli HP bekas yang masih bagus.

1. Belilah di tempat dan orang yang terpercaya
Jika anda hendak membeli hp bekas di toko handpone, belilah di tempat yang telah anda kenal dan terpercaya. Begitu pula jika anda ingin membeli ponsel bekas ke teman, belilah ke teman yang anda kenal atau paling tidak bisa anda hubungi dan dapat di percaya.

2. Bersikap seperti orang yang sudah tau
Penjual di toko handphone tidak akan mengatakan banyak hal yang ini itu jika anda bersikap seperti orang yang sudah pengalaman. Penjual akan melihat tingkah pembeli yang sedang memilih ponsel, jika pembeli terlihat kebingungan maka penjual akan semakin mengatakan hal yang ini itu terhadap produk yang di taawarkan.

3. Lihatlah body handphone
Anda tidak boleh terlalu percaya begitu saja dengan body luar handphone yang masih bagus dan mencolok, justu hal ini yang bisa menandakan ponsel bekas tersebut kualitsnya tidak baik. Lihatlah semua fitur yang ada pada handphone tersebut seperti kamera, bluetooth, radio, Wifi, Tv, MMC, dan yang lainnya. Namun saya sarankan anda untuk melihat body luar yang masih bagus dahulu.

4. Perlengkapan 
Tanyakan perlengkapan yang di miliki ponsel yang akan di beli seperti Dus, pengisi daya, headphone, surat garansi, dan yang lainnya.


5. Lihat apakah handphone tersebut pernah di bongkar

Setelah melihat ponsel yang di inginkan ambil dan lihatlah apakah ada yang cacat atau tidak, buka cassing handphone dan lihat apakah baut yang menempel masih mulus, segelnya belum di buka dan tidak ada bekas jleretan obeng, atau malah ada yang hilang. Jika ada yang hilang atau bautnya terdapat bekas bongkaran dan segel telah di buka atau bahkan hilang, lebih baik tinggalkan ponsel tersebut dan pilih yang lainnya.

6. Pengecekan kualitas handphone
Pertama hidupkan handphone, lalu cek semua fitur yang di miliki handphone tersebuat apakah masih normal atau tidak. Caranya:
- Cek speaker dan mic: lakukan panggilan ke teman anda dan dengarkan kualitas suara yang di hasilkan, lalu tanyakan ke pada teman anda kualitas suara anda di handphonenya. Cek speaker juga bisa di lakukan dengan memutar mp 3 musik jika sudah memiliki fitur ini.
- Cek kinerja mesin: lakukan pengetikan pesan pendek yang cepat dan lihat layar, jika huruf yang keluar ketinggalan terlalu lama, bisa di pastikan kinerjanya buruk. Anda juga bisa melakukan pengetesan dengan memainkan game yang ada di dalam ponsel, jika handphone tiba-tiba mati, pilihlah handpone yang lain jika tidak ingin anda yang tiba-tiba mati :)
- Cek kualitas layar: lihatlah apakah layar ponsel masih bagus atau tidak.
- Cek kualitas tombol: lakukan pengetikan dan lihat semua tombol apakah berfungsi dengan baik atau tidak. lakukan juga pemindahan dari halaman ke halaman apakah tombol nafigasinya masih berfungsi dengan baik.
- Cek kualitas bluethoot: lakukan pengiriman data ke handphone teman atau orang lain apakah bluethoot masih berfungsi dengan baik.
- Cek kualitas sinyal: lakukan panggilan keluar dan perhatikan indikator sinyal yang ada pada layar hp, jika masih bagus maka indicator signal tidak naik turun. Atau dengan cara masuk kemenu pengaturan, pilih pengaturan jaringan, pilih manual, tunggu beberapa saat sampai semua sinyal BTS operator terdeteksi, jika semua sinyal operator terdeteksi, maka kondisi bagian signalnya bisa dikatakan baik.
- Cek kualitas baterai: Jika baterai yang selama tadi anda gunakan untuk pengecekan tidak berkurang terlalu banyak atau tidak cepat down bisa di katakan baterai masih bagus. Anda juga perlu melihat apakah baterai yang di gunakan original, masih bagus dan belum pernah terendam air dengan cara melihat apakah baterai masih rata (tidak melembung) dan warna tembaga masih kuning atau sudah pada karatan.
- Cek apakah handphone pernah terkena air: cara pengecekanya adalah membuka cassing dan baterai dan lihat tempelan kecil berwarn putih (seperti kertah PH) di bagian dekan slot sim card. jika berwarna merah atau biru bisa kemungkinan handphone tersebut pernah ke masukan air,s sedangkan bila warnanya masih putih belari belum pernah terkena air.  Jika tidak ada kertas tadi, bisa di pastikan handphone tersebut bajakan atau sengaja telah di lepas oleh pemilik toko.
- Cek keaslian Motherboard menggunakan nomer IME : lihat nomer IME yang biasanya terdapat di bawah baterai lalu hidupkan ponsel tersebut dan tekan *#06#, lalu cocokkan nomer yang keluar bila cocok bisa di pastikan motherboard masih asli tapi bila tidak sama, saya tidak menjamin motherboard masih asli.
- Cek pengisian daya: lakukan pengisian daya dan lihat apakah berfungsi atau tidak.

7. Tanyakan Garansi
Tanyakan garansi yang bisa dapat, jika kuarang dari satu minggu saya sarankan untuk menawarnya hingga minimal bergaransi satu minggu, atau lebih baik lagi kalau tokonya menawarkan garnsi seumur hidup :)

Demikian tips yang dapat saya berikan ke pada anda yang ingin membeli HP second semoga bermanfaat. Amiinnn.. !!!

Comments
0 Comments